Sunday, November 21, 2010

Chocolate Devil Cake

Penasaran dengan Chocolate Devil Cake, akhirnya kemarin kesampaian juga untuk membuatnya, kebetulan punya sisa krim kental. Kali ini aku menggunakan resep dari buku "Sensasi Cake Coklat" keluaran Sedap. Rasa cakenya nyoklaaaaat abiz deh.........

Cakenya menggunakan Butter cake, yang menggunakan tepung lebih banyak dari sponge cake, jadinya lebih mengenyangkan dan sedikit padat krn mesti disimpan di lemari pendingin. Yang kemarin aku bikin, jadinya bantat karena suhu di oven listrik mungilku tidak sesuai dengan pengaturnya, jadinya pada saat aku keluarin ternyata dalamnya masih basah banget. Sangat penting memang untuk mengenali oven masing-masing. Kadang beda kue, beda perlakuan...

Untuk catatanku, next project sebaiknya menggunakan oven tangkring saja ^-^

Tapi tampilannya tetap cantik kan yaaa.....



Bahan Cake:
120 gram cokelat bubuk

1 sdm kopi instan

1/2 sdt garam

500 ml susu cair hangat

1 sdt cokelat pasta

250 gram mentega tawar

400 gram gula pasir halus

4 butir telur

350 gram tepung terigu protein sedang

1/2 sdt soda kue

1 sdt baking powder


Bahan Filling:

170 ml krim kental
(seharusnya 250 ml)
200 gram dark cooking chocolate, potong-potong
(seharusnya 300 gram)
35 gram mentega tawar (seharusnya 50 gram)


Bahan Pelapis (Tambahanku)
175 gram dark cooking chocolate
175 ml krim kental


Cara Membuat:
  1. Cake: Larutkan cokelat bubuk, kopi instan dan garam dengan susu cair hangat. Tambhakan cokelat pasta. Aduk rata, sisihkan.
  2. Kocok mentega tawar dan gula pasir halus sampai lembut. Tambahkan telur satu per satu bergantian dengan sebagian terigu sambil diayak dan dikocok rata.
  3. Masukkan sisa tepung terigu, soda kue dan baking powder sambil diayak dan dikocok rata bergantian dengan larutan cokelat bubuk.
  4. Tuang di dua buah loyang diameter 22cm tinggi 4 cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti.
  5. Oven 30 menit dengan api bawah suhu 180 derajat Celcius sampai matang. angkat dan dinginkan.
  6. Filling: panaskan krim kental, matikan api, masukkan potongan dark cooking chocolat.e Aduk sampai larut. Tambahkan mentega tawar, aduk rata, biarkan kental.
  7. Pelapis: panaskan krin kental, matikan api, masukkan potongan dark cooking chocolate. Aduk sampai larut. Dinginkan dalam lemari pendingin, kocok sampai mengembang.
  8. Ambil selembar cake, oleskan bahan filling, tutup dengan cake yang lain. Oles permukaan cake dan sisi-sisinya dengan bahan pelapis.
  9. Siram permukaan cake dengan sisa bahan filling. Dinginkan.