Wednesday, August 19, 2015

Sate Padang

Sate Padang ini menggunakan resep dari majalah Sedap Edisi Idul Fitri 2014, biasanya aku menggunakan resep gulai bagar nya nyokap, bisa lihat disini, lebih wangi menurutku karena menggunakan banyak rempah-rempah. Cuma berhubung bubuk kare  nya tinggal sedikit dan tidak punya adas manis aku pilih resep yang satu ini.


SATE PADANG
utk 20 tusuk

Bahan:
200 gr lidah sapi, rebus potong 2x2cm (aku ga pake)
200 gr hati sapi, rebus potong 2x2cm (aku ga pake)
500 gr daging sandung lamur (aku pake sengkel)
1500 ml air
2 lbr daun kunyit, ikat
1 batang serai, ambil putihnya, memarkan
1 buah asam kandis
50 gr tepung beras dan 50 ml air, larutkan untuk pengental
4 sdm bawqang goreng utk taburan
Tusuk Sate

Bumbu Halus:
12 butir bawang merh
2 buah cabe merah keriting
1/2 sdt ketumbar
1/4 sdt merica
1/2 sdt jintan
2 buah kapulaga
5 cm kunyit, bakar
1 cm lengkuas
1/2 sdt gula pasir
2 1/2 sdt garam

CARA MEMBUAT:
  1. Rebus daging sandung lmur dengan air sampai matang dan empuk. Potong 2x2cm. Ambil kaldunya 1000ml
  2. Rebus lagi bersama lidah sapi, hati sapi, bumbu halus, daun kunyit, serai dan asam kandis. masak diatas api kecil sampai kaldunya menjadi 500 ml
  3. Tusuk-tusuk daging, lidah, dan hati secara bergantian di tusuk sate. Bakar harum.
  4. Rebus lagi sisa rebusan. Kentalkan dengan larutan tepung beras. Masak sampai meletup-letup.
  5. Sajikan sate dengan kuahnya dan taburan bwang goreng.

Note:
Untuk bumbu halus, penggunaannya aku sesuaikan dengan bahan. Jadi bumbu halus aku kurangi porsinya karena aku hanya menggunakan daging 1/2kg saja. Dan aku menambahkan kaldu bubuk, dikarenakan pada awal merebus daging lupa untuk mengukur airnya, jadi kebanyakan air.

Selamat mencoba