Saturday, February 19, 2011

Bolu Pandan & Bolu "Sarang Semut" Caramel

Ini pesanan temenku "Bunda Nayla" yang habis lahiran untuk acara Aqiqah putri keduanya. beliau pesan tiga loyang Bolu Pandan dan tiga loyang Bolu Caramel.
Bikin Bolu Pandan ini sampe dua kali gagal... tepungnya menggumpal didalam cake.. Alhamdulillah bisa berhasil juga dengan baik.. hehe.. pengadukan terigu akhirnya menggunakan mikser dengan kecepatan rendah...

Aku menggunakan resepnya mba Vania, bisa lihat disini. Kali ini aku menambahkan emulsifier 1/2 sdm, karena pada pertama kali bikin (tanpa emulsifier) hasilnya agak sedikit kasar. Kalo menurutku gunakan santan dari perasan kelapa yaa.. jangan menggunakan yang kemasan. Rasanya beda banget dan jangan lupa santannya dimasak dulu...




Ini pertama kalinya aku bikin Bolu Caramel alias Sarang Semut, dan Alhamdulillah berhasil.. sarangnya bagus dan rasanya enak.. (hasil nyicipin di rumahnya yg pesen.. xixixi)

Aku menggunakan resepnya NCC bisa lihat disini. Aku hanya menggunakan 6 telur pas banget dengan loyang Tulban ukuran diameter 24cm. Awalnya sempat ragu karena adonannya itu cuma setengahnya loyang tulban.. ternyata hasilnya jadi tinggi dan pas tanpa melimpah sedikiitpun ^_^