Monday, February 21, 2011

Roti Tawar

Ini roti tawar yang kesekian kalinya aku bikin.. hehe.. cuma kaya'nya yang ini lebih bagus dari sebelum-sebelumnya walau belum sempurna. Cuma aku gak pernah diniatin banget kalo mo bikin roti tawar jadinya cuma pake bahan yang ada. Shortening aku ganti pake margarin, karena adanya cuma itu, jadinya roti tawarnya tidak putih.

Ada beberapa faktor yang bikin roti tawar tidak putih: pemakaian margarin/mentega, gula yang warnanya butek dan kuning telur. Jika ingin tetap pake telur, jangan banyak-banyak kali yaa...

Aku bikin 1/2 kg terigu, dapatnya satu loyang roti, satu loyang kecil roti isi keju parut dan 1 loyang sedang roti isi daging asap & kornet.






Ini resep aku dapat dari seorang praktisi bakery, lengkapnya bisa lihat disini,

Bahan:
1 kg trigu cakra.
15 g instant yeast.
10 g bread improver (optional)
15 g garam.
100 g gula pasir (blh kurangin)
60 g susu bubuk (optional)
80 g mentega/ margarine (blh kurangin)
500 cc air.

Cara membuatnya tidak ditulis, aku sendiri membuat seperti roti manis biasa, bisa lihat disini.

Selamat mencoba ^_^