Saturday, February 12, 2011

Roti Manis

Dah beberapa kali bikin roti manis, yang ini hasilnya lumayan bagus deh walau belum sempurna. Adonannya belum kalis elastis sempurna menurutku, adonannya jika ditarik sudah terbentuk lapisan transparan seperti balon karet tapi baru sebagian, jika dicoba dimelarin lagi adonannya putus. Tapi ya sud deh.. karena jika aku paksain diulenin lagi takut adonannya jadi panas.

Resepnya aku dapat dari seorang praktisi bakery, lengkapnya bisa lihat disini.

Rotinya empuuuk..




menurut beliau yang bentuk segitiga itu over proofing.. hehe.. maklumlah ovennya masih pake oven tangring jadinya gak muat jika dimasukin semua.. antriii....

Resep roti manis;
1 kg trigu cakra
25 g instant yeast
15 g garam
10 g bread improver (optional)
100 g susu bubuk
200 g gula pasir
200 g margarine/ mentega *
4 telor (dilebihin boleh, airnya kurangin sesuai dengan berat telur)
550 cc air dingin, masukan sedilkit-sedikit, perhatikan adonan. Jumlah air tergantung kelembaban terigu.

* lebih enak menggunakan mentega seperti: anchor, segi 3 biru, golden churn dll, jgn wijsman karena kadar lemaknya tinggi dan kalo mentega/margarine nya asin, garamnya dikurangin ya.. kira2 1/3nya.


Cara Membuat:
  1. Campur bahan-bahan kering dulu, yeast dan garam jangan jd satu, nanti yeastnya melempem, jd garam dimasukin belakangan, bahan di uleni sampai menyatu.
  2. Masukin mentega dan garam, maksud mentega masuk belakangan, supaya glutennya kerja dulu. karena mentega bisa menghambat kerja gluten.
  3. Ulenin sampai jadi adonan (kalis), meja awurin trigu, adonan pindahin ke meja. adonan di tarik dan banting, adonan lengket ke meja, pake scraper di serokin, jgn selalu awurin trigu, nanti adonan jd agak keras.
  4. terusin tarik n banting smp adonan ga lengket lg n kulitnya sdh licin (kalis elastis).
  5. Ambil sedikit adonan, jika dimelarin sudah terbentuk lapisan transparan atau seperti karet balon, itu sdh kalis elastis. kalo belum, lanjut lagi tarik bantingnya.
  6. Tutupin pake plastik, plastik kresek jg blh, kalo pake kain basah, nanti adonan lengket ke kainnya. Ngembang kira2 15 - 20 menitan, di colok ada tandanya ga balik lg.
  7. Bagi adonan sesuai selera, jika roti isi sekitar 40 - 50 gram, bulatkan (putaran tangan berlawanan arah jarum jam). Lalu diamkan 15 menit.
  8. Isi dengan bahan filling, tutup dengan memencet yang rapat agar tidak bocor. Bagian yang dipencet taruh dibelah bawah yaa..
  9. Diamkan kira-kira 40 menitan, tergantung kondisi ruang. Untuk memastikan negmbangnya sudah ok, colok sedikit dibagian pinggir bawah roti jika tidak balik tandanya sudah siap di oven. Poles dengan susu evaporated.
  10. Panggang 10 meni dengan suhu 200 derajat Celcius sampai Golden Brown, keluarkan dari oven. Siap disantap..

Ini roti unyil yang aku bikin sebelumnya, kalo yang ini adonan yang terbentuk lebih bagus daripada yang diatas. terlihat dari adonan yang mulus dan hasilnya ngembang bagus dan mulus.