Saturday, February 26, 2011

Opera Cake

Ini kedua kalinya aku bikin Opera Cake, yang pertama aku pake Butter Cream dan yang kedua ini pake krim kental yang dikocok kaku, rasanyaa..... endang gurindang markondang.. mantap bro!!!

Yang doyan kopi dan coklat cucok banget deh sama cake ini.. termasuk my hubby, uennak katanya, kopi nya berasa, cakenya lembuuut.. mantap. My daughter kalo dikasih nggak cukup satu slice mesti dua. Kadang dia sengaja nyari2 alasan bisa makan cake ini lagi.. si kecil.. wee.. doyan, secara dia suka banget ama coklat, cuma kopinya itu agak berasa banget. Kalo untuk anak kecil or baby mungkin takaran kopinya mesti dikurangi atau diganti Capucino.. mhmmm.. delicious ^_^




Resepnya gado-gado neh, campuran dari Sedap, Martha Steward dan aku.. xixixi

Bahan Jaconde Cake:
180 gram Almond bubuk
180 gram gula tepung
45 gram tepung terigu protein sedang
15 gram coklat bubuk
1/4 sdt coklat pasta
6 butir telur
6 putih telur
60 gram gula pasir
1/4 sdt garam
30 gram mentega, lelehkan

Bahan Sirup kopi (aduk rata):
150 ml air panas
3 sdm gula pasir
1 1/2 sdm kopi instan

Bahan Coffee Cream
250 gram krim kental
100 gram susu kental manis putih
1 sdm kopi instan
100 gram milk chocolate, potong kecil-kecil

Bahan Chocolate Ganache:
112 gram Dark Cooking Chocolate
80 ml krim kental
15 gram mentega tawar

Bahan Chocolate Glaze:
112 gram Dark Cooking Chocolate, potong kecil-kecil
150 ml krim kental
15 gram mentega tawar

Cara Membuat:
  1. Cake, campur almond bubuk, gula tepung, tepung terigu dan telur. Kocok sampai mengental dengan kecepatan tinggi. Sisihkan.
  2. Kocok putih telur dan garam sampai setengah mengembang, tambahkan gula pasir halus sedikit-sedikit sambil dikocok sampai mengembang.
  3. Tuang ke campuran almond sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan. Masukkan mentega leleh, aduk merata.
  4. Tuang di empat loyang 22x22x4 cm yang dialas kerta roti tanpa dioles margarin.
  5. Oven 8 menit dengan suhu 200 derajat Celcius. (waktunya tergantung oven masing2 yaa..)
  6. Coffee Cream, campur krim kental, susu kental manis, kopi dan potongan Milk Chocolate. Masak sampai chocolate meleh. Aduk rata. Dinginkan dan masukkan ke kulkas. kocok sampai mengembang.
  7. Chocolate Ganache & Chocolate Glaze, panaskan krim kental, tambahkan potongan dark cooking chocolate. Aduk samapi chocolate larut. Matikan api, masukkan mentega tawar aduk rata.
  8. Ambil selembar cake, basahi dengan sirup kopi, oles dengan Coffee Cream. Tutp dengan cake lainnya, basahi dengan sirup kopi, oles dengan ganache. Lakukan bergantiang. terakhir tutup dengan Chocolate glaze. Dinginkan
Note: Untuk Chocolate Glaze hasilnya terlalu encer sehingga chocolate kurang kental dan gampang banget meleleh. Mungkin jumlah krim kentalnya bisa dikurangin.