Saturday, February 12, 2011

Macaroni Schotel

Sebenarnya ada keinginan lain untuk bikin tantangan LBT kali ini, cuma berhubung lagi pengen cari resep Macaroni Schotel yang pas di lidahku, akhirnya LBT#2 ini aku bikin Macaroni Schotel saja. Sekalian mencari yang pas dan mengerjakan peer.. xixixi.. hemat... ^_^

Kali ini aku menggunakan resep dari mba ferona, resep aslinya bisa lihat disini dan sedikit aku modif. Padahal mba ferona juga dah modif dari 3 resep.. hehe..




Bahan:
125 gram macaroni elbow, rebus sampe aldente
100 gram keju cheddar, potong dadu

Bahan Daging:
100 gram daging kornet
2 lembar daging asap, iris
1 buah bawang bombay ukuran kecil
1 siung bawang putih
mentega untuk menumis

Bahan Susu:
1 sdt kaldu bubuk rasa sapi
1/2 sdt garam
1/4 sdt gula
1/4 sdt merica
sedikit pala
250 ml susu cair
50 ml krim kental
3 butir telur, kocok lepas

Bahan Topping:
1/2 sdm makan mentega
1 sdm tepung terigu
125 ml susu cair
garam
merica
50 gram keju parut

Cara Membuat:
  1. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai wangi, masukkan daging kornet dan daging asap, aduk rata. Dinginkan dan sisihkan.
  2. Campur Susu, krim kental dan telur yang sudah dikocok lepas, aduk sampai rata, masukkan kaldu sapi, garam, gula, merica dan pala.
  3. Masukan Macaroni yang sudah direbus dan keju kedalam adonan susu, aduk rata. Terakhir masukkan tumisan daging, aduk rata.
  4. Tuang adonan kedalam loyang Alumunium foil ukuran 20x20cm atau 2 loyang ukuran oval sedang. Kukus selama 15 menit. Angkat
  5. Sementara mengukus, siapkan adonan topping, lelehkan mentega, masukan terigu, aduk sampai rata. Tuang susu sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Tambahkan garam dan merica.
  6. Tuang adonan topping keatas macaroni yang sudah dikukus, beri taburan keju parut. Panggang dengan cara au bain marie sampai kecoklatan. Angkat dan sajikan dengan saus tomat/ sambal.