Thursday, May 27, 2010

Japanese Style Cheesecake Topping Blueberry

Di kulkas ku masih ada keju Ricotta bentuknya soft cream sisa dari bikin Lasagna senin kemarin, bingung juga mo diolah jadi apa, apalagi masa kadaluarsa keju sudah dekat. Akhirnya kemarin malam browsing sana-sini dan nyangkut di blognya mba Riana Ambarsari. Penasaran juga dengan Japanese Style Cheesecake (JCC) nya. Hari ini jadi juga deh JCC ala kembangcabe hehehe...
Sumber resep JCC ini sendiri dari Yasaboga. Dari catatan di blognya mba Riana, ternyata JCC ini kejunya tidak berasa.. lebih cenderung berasa lemon.. berhubung aku nggak punya stok Lemon dan lagi malas keluar rumah, jadinya JCC ku tanpa lemon... jd rasa keju, & butter nya agak sedikit menonjol.. mmmhhmm.. padahal aku kurang suka dengan rasa itu, agak sedikit eneg seh buat lidah ku.. dasar lidah kampung yaa... hehehe... jadinya aku tambahin selai blueberry diatasnya. Next time kalo mo bikin lagi.. mesti pake Lemon..!!

Tekstur cake ini sangat lembut sekali!!







Campur dan Ayak:
50 gr tepung terigu (aku tambahin lagi 2 sdm terigu, agar adonan lebih kokoh, krn aku pake fresh cheese)
50 gr tepung maizena

Bahan:
60 gr mentega tawar
250 gr cream cheese, biarkan pada suhu ruang (aku pake ricotta soft cream, krn tujuannya utk m'habiskan itu.... )
120 ml whip cream
3 kuning telur
1 butir telur
2 sdt kulit jeruk lemon parut (aku nggak pake.. lg nggak punya stok)
5 putih telur
1/8 sdt garam
125 gr gula pasir halus
1 sdt air jeruk lemon (ini jg nggak pake :( next time.. mesti pake!!)

Topping:
2 sdm selai apricot (yang ini juga nggak ada, aku ganti dengan 3 sdm selai Blueberry)
2 sdm air (aku pake 3 sdm air, ditambah 1 sdm air jeruk nipis, aku tambahin juga 1 sdt tepung maizena dilarutkan dg sedikit air)

Cara Membuat:
  1. Siapkan loyang bulat 22 cm, alasi kertas roti, olesi mentega. Pasang oven 150 derajat Celsius. (aku pake 2 loyang JCC)
  2. Campur mentega, cream cheese dan whip cream dalam wadah. Didihkan dengan api kecil, aduk hingga lembut, angkat dari api.
  3. Masukkan campuran tepung, aduk rata. Masukkan kuning telur dan 1 butir telur, aduk rata. Masukkan kulit jeruk lemon, aduk rata, sisihkan.
  4. Kocok putih telur hingga berbusa, masukkan gula dan air jeruk lemon sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai terbentuk kerucut-kerucut tumpul (soft peak).
  5. Tuang 1/3 adonan putih telur ke adonan cream cheese, aduk rata. Tuang campuran ini ke sisa adonan putih telur, aduk rata. Tuang adonan ke loyang, panggang dengan cara au bain marie, kurang lebih 75 menit sampai permukaan matang, kuning keemasan. Keluarkan dari oven
  6. Setelah benar-benar dingin, lepaskan cake dari loyang. Panaskan selai apricot dan air, oleskan ke permukaan cheesecake. (caraku, panaskan selai blueberry dan air, tambahkan 1 sdm air jeruk nipis dan larutan maizena, setelah mengental, angkat. dan siram keatas JCC)


au bain marie