Monday, June 7, 2010

Italian Parsley

Awalnya dari keinginan untuk membuat sosis yang menggunakan bumbu yang tidak lazim dipakai oleh orang Serang terutama aku hehehe... , akhirnya jadi kepincut juga untuk menanamnya. Walau sering gagal nanam herb ini, tapi Alhamdulillah masih ada yg mau bertahan hidup.




Parsley yang aku tanam ini jenisnya yang berdaun flat or datar atau bahasa latinnya disebut Petroselinum neapolitanum. Kalau dari rasa, flat leaf parsley ini lebih tajam dari pada Curly Parsley jadi lebih enak digunakan untuk masakan. Kandungan nutrisinya juga banyak, seperti : Energi, karbohidrat, gula, Dietary fiber, lemak, protein, Thiamine (Vit. B1), Riboflavin (Vit. B2), Niacin(Vit. B3), Pantothenic acid (B5), Vit. B6, Folate (Vit. B9), Vitamin C, Vitamin K, Calcium, Iron, Magnecium, Phosphorus, potassium dan Zinc. Ini semua nutrisi dalam keadaan segar yaa.. jd kalo untuk dimasak, sebaiknya dimasukkan pada saat masakan akan diangkat, agar nutrisinya tidak hilang. Parsley tumbuh baik di suhu 22 - 30 derajat Celcius. Parsley butuh cahaya matahari sekitar 6 jam. Kalo aku menanam parsley ini dalam pot dan mengusahakannya mendapat cahaya matahari pagi sampai siang, karena di Serang terlalu terik dan panas.

Sumber bacaan dari Wikipedia

Bibit Italian Parsley ini aku dapat di toko Trubus Alam Sutera, ini gambar biji dan kemasannya (bukan sales-nya yaa.. cuma ngasih unjuk contohnya saja).